MENINGKATAN KEMAMPUANAN HAFALAN SANTRI KELAS IX A DENGAN METODE تقليد DAN تحفيظ DALAM PEMBELAJARAN TASRIF DI SMP ALKHAIRAAT 2 PALU

Penulis

  • nurmaya Medopa FAI Universitas Alkhairaat
  • Moza Sagasti FAI Universitas Alkhairaat

Abstrak

Permasalahan pembelajaran tasrif saat ini memerlukan upaya nyata dalam aplikasinya di kelas, karena metode yang digunakan terkesan monoton dan menghambat perkembangan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan hafalan peserta didik menggunakan metode Taqlid & Tahfidz di kelas IX SMP Al-Khairaat 2 Palu. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik di Pondok Pesantren Putera Alkhairaat Pusat Palu, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Taqlid & Tahfidz berhasil meningkatkan kemampuan hafalan santri. Data menunjukkan peningkatan hasil belajar dari 33% pada pre-test menjadi 66% pada post-test siklus I, dan meningkat lagi menjadi 93,33% pada siklus II.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Medopa, nurmaya, & Sagasti, M. (2024). MENINGKATAN KEMAMPUANAN HAFALAN SANTRI KELAS IX A DENGAN METODE تقليد DAN تحفيظ DALAM PEMBELAJARAN TASRIF DI SMP ALKHAIRAAT 2 PALU. Fastabiqulkhairaat, 5(2), 44–55. Diambil dari https://www.jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/36

Terbitan

Bagian

Artikel