UPAYA KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN MOTIVASI MENGAJAR GURU HONORER DI SDN SIDOAN TIMUR KECAMATAN SIDOAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Kata Kunci:
Motivasi, mengajarAbstrak
Dalam membangun sebuah sekolah, kepala sekolah bertanggung jawab atas pembinaan guru, karyawan tata usaha, dan karyawan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana kepala sekolah dapat meningkatkan keinginan guru honorer untuk mengajar di SDN Sidoan Timur Kecamatan Sidoan Kabupaten Parigi Moutong. Apa saja kendala yang dihadapi SDN Sidoan Timur Kecamatan Sidoan Kabupaten Parigi Moutong untuk meningkatkan keinginan guru honorer untuk mengajar?
Penelitian ini menggunakan pradigma kualitatif dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengurangan, penyajian, dan penarikan kesimpulan digunakan untuk menganalisis data.
Penelitian ini menemukan bahwa di SDN Sidoan Timur Kecamatan Sidoan Kabupaten Parigi Moutong, kepala sekolah berusaha untuk meningkatkan keinginan guru honorer untuk mengajar melalui: a. Membina kedisiplinan guru, b. Memberikan penghargaan atau pemberian insentif, c. Serta memberikan kesempatan untuk maju. Di SDN Sidoan Timur Kecamatan Sidoan Kabupaten Parigi Moutong, ada beberapa kendala yang menghambat keinginan untuk meningkatkan motivasi guru honorer termasuk: a. Tuntutan keterampilan yang makin meningkat, b. Kompetisi yang makin ketat, c. Guru honorer tidak bisa menyeimbangkan dengan tugas tambahan yang diberikan oleh kepala sekolah. Berdasarkan pada kendala-kendala yang telah diuraikan, maka solusiĀ untuk mengatasi hambatan tersebut sebagaimana analisa penelitian yang dilakukan ialah sebagai beriku: a. Melakukan sosialisasi dan diklat rancangan pembelajaran yang tepat guna, b. Meningkatkan SDM Guru Honorer, c. Serta pendekatan secara personal kepada guru honorer akan tugas utama dan tambahan.
Sebagai implikasi dari penelitian ini: Kepala SDN Sidoan Timur mempertahankan kemampuan yang dimiliki dalam bidang kemampuan manajemen untuk meningkatkan kualitas dan pencapaian visi sekolah. Kegiatan peningkatan guru honorer hendaknya lebih ditingkatkan dalam aspek keterampilan juga aspek kesejahteraan serta meningkatkan kinerja guru honorer dalam pencapaian prestasi belajar peserta didik di SDN Sidoan Timur.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 sakina sakina

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.